Tujuh Cara Efektif Menyelipkan Olahraga dalam Kesibukan Anda

Spread the love

olahraga dalam kesibukan

Nyaris semua orang tahu bahwa olahraga berdampak baik bagi kesehatan. Tapi tak semua mau menyelipkan menu olahraga dalam aktivitas sehari-hari. Berbagai alasan dikemukakan mulai dari tidak ada sarana yang dekat dengan tempat tinggal, tidak tahu teknik-teknik berolahraga yang baik, hingga tidak memiliki waktu.

Padahal 30 menit olahraga setiap hari hanya 2 persen dari waktu 24 jam yang Anda punyai.

Memulai rutinitas ini akan terasa berat di awal, terutama untuk mendobrak kebiasaan Anda. Karena itu, mulailah dengan beberapa langkah kecil untuk membiasakan tubuh Anda bergerak.

1. Pecah ke Beberapa Bagian Kecil

Jika Anda tidak memiliki 30 menit setiap hari, maka pecahlah ke dalam beberapa bagian: tiga kali sesi 10 menit, atau satu sesi 10 menit dan satu sesi 20 menit. Sesi tersebut bisa diisi dengan berjalan cepat setelah bangun tidur, berdansa sembari memasak, atau melakukan latihan fitness ringan sembari menonton TV.

2. Selipkan Olahraga pada Perjalanan Anda ke Tempat Kerja

Jika Anda menggunakan angkutan umum, berhentilah 100 meter sebelum tujuan Anda dan berjalanlah ke tempat kerja. Atau hentikan kebiasaan buruk menyebrang jalan sembarangan dan gunakan tangga penyebrangan. Jika tempat kerja Anda berada di lantai 10, berhentikan lift di lantai 7 dan gunakan tangga.

3. Ajak Teman Anda

Anda akan lebih termotivasi dalam bergerak jika melakukannya dengan orang lain. Ajak keluarga, rekan, anak, pasangan Anda untuk berjalan bersama-sama setiap akhir pekan. Atau daftarkan diri Anda pada kelas-kelas yoga atau kelas latihan.

4. Jadwalkan dalam Agenda

Seperti halnya Anda menjadwalkan rapat, jadwalkan olahraga dalam agenda Anda dan geser kegiatan-kegiatan lain yang memang kurang penting.

5. Tantang Teman Anda

Undang keluarga, teman, atau kolega Anda dalam suatu tantangan bersahabat. Catat jumlah langkah atau menit Olahraga yang Anda lakukan setiap harinya. Mengawasi capaian “musuh” Anda bisa menjadi dorongan motivasi bagi Anda berolahraga.

6. Berjalan Ketika Waktu Istirahat

Ketika istirahat makan siang, sisakan waktu 10 menit untuk berjalan-jalan di sekitar kantor. Gunakan fasilitas alat-alat kebugaran di kantor Anda, dan jika treadmill setengah jam terdengar menakutkan maka cobalah untuk melakukan jalan cepat.

7. Jangan Remehkan Kekuatan Video

Ada banyak sekali video latihan yang bisa Anda temukan di toko buku atau bahkan Youtube, mulai dari senam, yoga, hingga kickboxing. Anda bisa mengoleksi banyak sekali jenis video untuk membuat sesi latihan Anda menyenangkan dan bervariasi.

Nah, itulah tujuh cara bagaimana menyelipkan olahraga ke dalam kesibukan Anda.

Jika sebelumnya Anda memiliki banyak alasan waktu yang terbatas untuk berolahraga, carilah berbagai kesempatan beberapa menit saja untuk melakukan 7 hal yang telah kami sebutkan di atas.

Kebanyakan pekerjaan mungkin banyak aktifitas duduk yang membuat badan Anda menjadi kaku. Mulai sekarang, tidak ada alasan lagi bagi Anda yang sibuk bekerja untuk berolahraga kecil di waktu luang.